DUKUNGAN KABUPATEN PESAWARAN UNTUK PENDATAAN KELUARGA 2021

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN)secara serentak akan mulai melakukan pendataan Keluarga Tahun 2021, yang berlangsung 1 April hingga 31 Mei 2021 mendatang. Pendataan Keluarga 2021 ini rutin diadakan 5 tahun sekali dan terakhir diadakan pada tahun 2015. Apabila mengikuti jadwal tersebut, Pendataan Keluarga seharusnya dilaksanakan pada tahun 2020, akan tetapi dikarenakan adanya Covid-19 maka Pendataan Keluarga penundaan hingga tahun ini.

Hasil dari Pendataan Keluarga 2021 ini memiliki manfaat sebagai peta sasaran program Bangga Kencana dan program pembangunan lainnya, penentuan program dukungan yang sesuai untuk keluarga dan wilayah tertentu, serta pengukuran indikator kinerja utama sasaran strategis Program Bangga Kencana. Dengan hasil pendataan yang akurat maka setiap program pembangunan akan lebih bermanfaat dan tepat sasaran.

Akan tetapi tentu saja Pendataan Keluarga 2021 ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya dukungan dari banyak pihak. Berbagai dukungan  mengalir terhadap Pendataan Keluarga 2021, termasuk dukungan dari Kabupaten Pesawaran terutama Dinas PP dan KB. Dinas PP dan KB Kabupaten Pesawaran mendukung Pendataan Keluarga 2021 dengan banyak cara :

  1. Memfasilitasi segala persiapan Pendataan Keluarga 2021
  2. Mensosialisasikan Pendataan Keluarga baik secara internal kepada pegawai Dinas PP dan KB atau pun secara eksternal kepada dinas lain serta masyrakat langsung
  3. Melakukan advokasi kepada pemangku kepentingan baik dari tingkat kabupaten hingga RT
  4. Melatih ratusan kader pendata sebagai garda terdepan dalam mengumpulkan data langsung ke masyrakat.
  5. Mendukung kegiatan sosialisasi dari BKKBN melalui media sosial dengan penggunaan template foto Pendataan Keluarga 2021

 



Leave your comment Required fields are marked *