Tugas dan Fungsi

Tugas dan Fungsi

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan fungsi penunjang urusan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana yang menjadi Kewenangan Daerah.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1) Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyusunanan kebijakan teknis penyelenggaraan fungsi penunjang urusan pemerintahan bidang Perencanaan dan Pembangunan Daerah;
  2. Pelaksanaan tugas dukungan teknis penyelenggaraan fungsi penunjang urusan pemerintahan bidang Perencanaan dan Pembangunan;
  3. Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan tugas dukungan teknis penyelenggaraan fungsi penunjang urusan pemerintahan bidang Perencanaan Pembangunan;
  4. Pembinaan teknis penyelenggaraan fungsi penunjang urusan pemerintahan bidang Perencanaan Pembangunan;

Uraian tugas Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan program dan kebijaksanaan teknis di bidang perencanaan pembangunan daerah dalam rangka pencapaian tujuan penyelenggaraan tugas pokok, fungsi dan kewenangan badan;
  2. Memimpin, membina, mengkoordiinasikan, memantau dan mengendalikan pelaksanaan program dan kebijakan teknis di Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, agar sesuai dengan rencana strategis (Renstra) Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana;
  3. Mengkoordinasikan dan mensinkronisasikan perencanaan pembangunan daerah dengan Perangkat Daerah guna menyusun RPJPD, RPJMD, KUA PPAS dan rencana pembangunan tahunan sesuai dengan tahapan yang melibatkan berbagai unsur pemangku kepentingan di dalamnya serta melakukan pengendalian dan evaluasi perencanaan pembangunan daerah agar dapat tercapainya visi, misi pembangunan daerah;
  4. Mempelajari peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan perencanaan pembangunan daerah sebagai acuan pelaksanaan tugas;
  5. Membagi habis tugas kedinasan di bidang teknis dan administrasi kepada bawahan/staf, agar setiap aparatur yang berada di lingkungan Badan mengetahui dan memahami beban tugas dan tanggung jawab;
  6. Memberikan petunjuk teknis dan pengarahan serta bimbingan kepada bawahan tentang pelaksanaan tugas, untuk menghindari terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan tugas;
  7. Memberikan masukan, usulan saran dan pertimbangan kepada atasan tentang langkah dan kebijakan yang akan diambil di bidang perencanaan pembangunan daerah;
  8. Menilai aktivitas, kreatifitas dan produktifitas pelaksanaan tugas bawahan;
  9. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan atasan, untuk kelancaran pelaksanaan tugas;
  10. Membuat laporan kepada atasan sebagai masukan untuk dijadikan bahan pertimbangan lebih lanjut.
  • Sekretariat dipimpin oleh seorang Sekretaris yang merupakan unsur staf yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana.
  • Sekretariat mempunyai tugas menyelenggarakan pelaksanaan kegiatan ketatausahaan meliputi administrasi umum, kepegawaian, surat menyurat, penyusunanan program kegiatan dan pelaporan serta perencanaan dan keuangan.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Sekretariat menyelenggarakan fungsi :
    1. Perumusan kebijakan teknis administrasi umum, kepegawaian, keuangan, perencanaan, evaluasi, dan pelaporan;
    2. Pemberian dukungan atas penyelenggaraan urusan administrasi umum, kepegawaian, perencanaan dan pengelolaan keuangan dan aset;
    3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian, pengawasan program dan kegiatan lingkup Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah;
  • Uraian tugas Sekretaris sebagai berikut :
    1. Menyusun kegiatan tahunan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
    2. Merencanakan, mengorganisasikan, mengendalikan dan menetapkan kebijakan umum kepegawaian, keuangan dan perlengkapan;
    3. Mengelola dan mengkoordinasikan pelaksanaan pelayanan teknis dan administrasi kepada seluruh bidang dan subbidang dalam lingkup badan;
    4. Mengelola pelaksanaan urusan umum dan kepegawaian;
    5. Mengelola dan mengkoordinasikan pelaksanaan urusan pengelolaan keuangan, aset dan perlengkapan;
    6. Memantau dan mengevaluasi penyelenggaraan administrasi umum, pengelolaan keuangan, pelaporan dan aset.
    7. Melakukan penilaian prestasi kerja para sub bagian dalam rangka pembinaan dan pengembangan karier;
    8. Menginventarisir permasalahan-permasalahan dan menyiapkan data/bahan pemecahan masalah sesuai bidang tugas;
    9. Menyiapkan bahan penyusunanan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP);
    10. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsi;
    11. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas, memberi saran dan pertimbangan kepada pimpinan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi.
  • Subbagian Umum dan Kepegawaian dipimpin oleh seorang Kepala Subbagian yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Sekretaris
  • Subbagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas melaksanakan pelayanan administrasi umum dan kepegawaian, perlengkapan serta administrasi surat menyurat dan barang inventaris kantor.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Subbagian Umum dan Kepegawaian menyelenggarakan fungsi :
    1. Pelaksanaan kebijakan teknis pada subbagian;
    2. Pelaksanaan program dan kegiatan pada subbagian ;
    3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian dan pengawasan program dan kegiatan dalam lingkup subbagian;
    4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan dalam lingkup subbagian;
  • Uraian tugas Kepala Subbagian Umum dan Kepegawaian sebagai berikut :
    1. Melaksanakan dan menyiapkan bahan urusan ketatausahaan;
    2. Melaksanakan dan menyiapkan bahan urusan kepegawaian;
    3. Melaksanakan dan menyiapkan bahan urusan perlengkapan;
    4. Melaksanakan dan menyiapkan bahan urusan kerumahtanggaan dan keprotokolan;
    5. Melaksanakan dan menyiapkan bahan pengembangan sumberdaya aparatur Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana;
    6. Melaksanakan dan menyiapkan bahan laporan pelaksanaan kegiatan Subbagian Umum dan Kepegawaian; dan
    7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.
  • Subbagian Keuangan dipimpin oleh seorang kepala Subbagian yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Sekretaris.
  • Subbagian Keuangan mempunyai tugas menyusun dan membuat pengeolaan administrasi keuangan.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Kepala Subbagian Keuangan menyelenggarakan fungsi :
    1. Pelaksanaan kebijakan teknis pada subbagian;
    2. Pelaksanaan program dan kegiatan pada subbagian;
    3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian dan pengawasan program dan kegiatan dalam lingkup subbagian;
    4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan dalam lingkup subbagian;
  • Uraian tugas Kepala Subbagian Keuangan sebagai berikut :
    1. Melaksanakan dan menyiapkan bahan penyusunanan rencana anggaran belanja tidak langsung dan belanja langsung DPPKB Kabupaten;
    2. Melaksanakan dan menyiapkan bahan menyiapkan usulan rencana dan pengelolaan gaji;
    3. Melaksanakan dan menyiapkan bahan pertanggungjawaban anggaran dan pembinaan administrasi keuangan dan perbendaharaan;
    4. Melaksanakan dan menyiapkan bahan verifikasi atas pengelolaan keuangan;
    5. Melaksanakan dan menyiapkan bahan klarifikasi Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dan menyiapkan bahan tindak lanjut;
    6. Melaksanakan dan menyiapkan bahan laporan kegiatan Subbagian Keuangan; dan
    7. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.
  • Subbagian Program, Evaluasi & Pelaporan dipimpin oleh seorang kepala Subbagian yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Sekretaris.
  • Subbagian Program, Evaluasi & Pelaporan mempunyai tugas menyusun dan membuat Perencanaan DPPKB.
  • Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (2), Kepala Subbagian Program, Evaluasi & Pelaporan menyelenggarakan fungsi :
    1. Pelaksanaan kebijakan teknis pada subbagian;
    2. Pelaksanaan program dan kegiatan pada subbagian;
    3. Pembinaan, pengkoordinasian, pengendalian dan pengawasan program dan kegiatan dalam lingkup subbagian;
    4. Pelaksanaan evaluasi program dan kegiatan dalam lingkup subbagian;
  • Uraian tugas Kepala Subbagian Program, Evaluasi & Pelaporan sebagai berikut :
    1. Melaksanakan dan menyiapkan bahan rekapitulasi bahan draft Rencana Kerja Perangkat Daerah DPPKB;
    2. Melaksanakan dan menyiapkan bahan koordinasi dan sosialisasi perencanaan prioritas dan program pembangunan daerah di lingkup DPPKB;
    3. Melaksanakan dan menyiapkan bahan koordinasi dan rekapitulasi penyusunanan dokumen perencanaan pembangunan daerah di lingkup DPPKB;
    4. Melaksanakan dan menyiapkan rekapitulasi bahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah di lingkup DPPKB;
    5. Melaksanakan dan menyiapkan bahan koordinasi dalam rangka perencanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah pada lingkup DPPKB;
    6. Melaksanakan dan menyiapkan bahan penyusunanan rencana kegiatan internal DPPKB;
    7. Melaksanakan dan menyiapkan bahan koordinasi dalam rangka kegiatan penyusunanan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah di lingkungan DPPKB;
    8. Melaksanakan dan menyiapkan bahan laporan pelaksanaan kegiatan Sub Bagian Perencanaan; dan
    9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan.